Ardiyansyah, Ali (2025) Pengembangan Sistem Seleksi Programmer Berbasis Gamifikasi. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0013_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0013_BAB IV_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0013_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (955kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0013_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0013_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (284kB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan mengembangkan sistem seleksi karyawan berbasis gamifikasi yang ditujukan untuk posisi programmer di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Sistem ini dirancang sebagai solusi alternatif terhadap metode seleksi konvensional yang cenderung membosankan dan kurang mampu mengevaluasi kemampuan teknis peserta secara langsung. Dengan mengintegrasikan pendekatan gamifikasi ke dalam proses seleksi, diharapkan peserta lebih termotivasi dan aktif terlibat selama menjalani tahapan seleksi. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD), yang memungkinkan proses perancangan dilakukan secara cepat dan fleksibel. Sistem dibangun menggunakan Unity sebagai game engine dengan bentuk permainan platformer 2D yang memuat berbagai elemen gamifikasi, seperti poin, nyawa, token, level permainan, dan leaderboard. Elemen-elemen tersebut ditujukan untuk menciptakan suasana kompetitif dan menyenangkan, sekaligus mengukur kemampuan peserta secara objektif. Quiz interaktif yang ditampilkan dalam permainan disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada bidang pemrograman web dan pengelolaan basis data. Penilaian terhadap jawaban peserta dilakukan secara otomatis melalui pendekatan rule-based system, sehingga meminimalkan kesalahan manusia dan mempercepat proses evaluasi. Hasil seleksi peserta disimpan dalam format JSON secara lokal, karena sistem dirancang untuk berjalan secara offline. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berjalan dengan baik, dan elemen gamifikasi yang diterapkan telah mampu meningkatkan motivasi serta keterlibatan peserta. Selain mengukur kemampuan teknis, sistem ini juga mampu mengevaluasi aspek soft skill peserta, seperti ketelitian, konsistensi, dan daya tahan dalam menyelesaikan tantangan. Oleh karena itu, sistem seleksi berbasis gamifikasi ini memiliki potensi besar sebagai solusi modern dalam proses rekrutmen tenaga kerja, khususnya di bidang Teknologi Informasi.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Agus Setiawan, M.Eng. dan Pristi Sukmasetya, S.Komp., M.Kom. | 
| Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, Seleksi Karyawan, Sistem Rekrutmen, Programmer, Unity, Rule-Based System,SKKNI | 
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T2 Information Technology  | 
        
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S-1) | 
| Depositing User: | FT 21.0504.0013 | 
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:22 | 
| Last Modified: | 23 Sep 2025 02:22 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5714 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      