Ratnaningsih, Sari (2025) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BUDI RAHAYU KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0088_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0088_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0088_C0VER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0088_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0088_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (519kB)

Abstract

Latar Belakang: Loyalitas pasien merupakan suatu bentuk komitmen atau kesetiaan pasien terhadap rumah sakit yang dilandasi oleh sikap positif terhadap aktivitas yang berulang atau berkelanjutan. Kualitas pelayanan sangat erat kaitannya dengan pasien, artinya semakin tinggi kualitas pelayanan, semakin besar pula motivasi psikologis untuk berobat di rumah sakit. Menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu menjadi strategi yang layak dilakukan mengingat tingginya persaingan antar rumah sakit. Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien rawat jalan di RSUD Budi Rahayu Kota Magelang. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi yang pengambilan datanya dengan metode cross sectional dengan jumlah sampel 100 responden dari populasi pasien di instalasi rawat jalan RSUD Budi Rahayu yang berjumlah 414 pasien. Analisis bivariat data diolah dengan menggunakan uji spearman. Hasil: Uji spearman tentang hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.001, dengan r 0,719 (kuat). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien rawat jalan RSUD Budi Rahayu Kota Magelang. Kekuatan hubungan berarah positif dengan tingkat kekuatan hubungan kategori kuat. Saran: Pihak rumah sakit harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya untuk membentuk pasien yang loyal dalam menghadapi persaingan antar rumah sakit yang semakin ketat.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien, Instalasi Rawat Jalan

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Puguh Widiyanto, S.Kep., M.Kep
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, loyalitas pasien, instalasi rawat jalan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: FIK 24.0603.0088
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:54
Last Modified: 15 Aug 2025 03:54
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5514

Actions (login required)

View Item View Item