Istiqomah, Istiqomah (2025) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI MI MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0001_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (565kB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0001_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0001_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0001_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (418kB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0001_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy  | 
          
Abstract
Pendidikan karakter terus menjadi sorotan seiring maraknya degradasi moral di kalangan pelajar. Kasus bullying, kekerasan, ujaran kebencian, dan kenakalan remaja menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di pendidikan dasar belum optimal. Kondisi ini menegaskan pentingnya penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan yang konsisten di lingkungan sekolah, salah satunya MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang. Di madrasah ini, pendidikan karakter dianggap sebagai prioritas utama yang tidak hanya melengkapi kurikulum, tetapi juga berfungsi sebagai fondasi dalam membentuk kepribadian peserta didik. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan bagaimana pendidikan karakter dilaksanakan melalui pembiasaan di MI Muhammadiyah Teladan Kota Magelang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru kelas, peserta didik, dan wali murid. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai pembiasaan rutin dan pembiasaan terprogram. Kegiatan ini
meliputi sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, ngaji pagi, murajaah, membaca asmaul husna, infaq setiap hari Jumat, senam, Jumat bersih, literasi, hizbul wathan, serta pembiasaan lainnya, baik yang rutin maupun terprogram. 2) Nilainilai karakter yang menjadi fokus di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang meliputi nilai religius, disiplin, tanggung jawab, integritas, mandiri, gotong royong, serta adab dan sopan santun. 3) Dampak dari pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan di MI Muhammadiyah Teladan Kota Magelang terlihat dari perubahan positif pada peserta didik. Mereka menjadi lebih
sopan, ramah, dan menyapa siapapun, terutama kepada orang yang lebih tua. Selain itu, mereka juga menunjukkan ketaatan dalam beribadah dan berperilaku positif. Program pembiasaan telah menunjukkan dampak positif yang nyata, yaitu membantu siswa mengembangkan karakter yang positif, berakhlak mulia, dan lebih siap menghadapi tantangan masa depan, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Norma Dewi Shalikhah,M.Pd.I dan Dr. Ahwy Oktradiksa, S.Pd.I., M.Pd.I | 
| Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, pembiasaan, MI Muhammadiyah Terpadu Harapan, nilai karakter, kualitatif deskriptif | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) | 
| Depositing User: | FAI 18.0405.0001 | 
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:18 | 
| Last Modified: | 08 Oct 2025 03:18 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6434 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      