Sari, Maulia Ravita (2025) Konseling Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0024_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (486kB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0024_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0024_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0024_COVER_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (Skripsi)
 18.0301.0024_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas VI di MI Al Islam Jlamprang Kabupaten Semarang. Tujuan utama penelitian ini adalah memberikan intervensi berupa layanan konseling kelompok teknik modeling simbolik sehingga peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berinteraksi, membangun hubungan sosial yang sehat, serta menumbuhkan sikap saling menghargai di lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI berumlah 12 peserta didik. Subjek penelitian terdiri dari 7 peserta didik kelas VI yang ditentukan melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa angket interaksi sosial yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor interaksi sosial dari 117,57 pada pretest menjadi 120,14 pada posttest. Uji hipotesis menghasilkan nilai t = -2,714 dengan signifikansi (Sig. 2-tailed) = 0,035 (< 0,05). Hal ini membuktikan adanya perbedaan signifikan antara skor sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan nteraksi sosial peserta didik.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Dewi Lianasari, M.Pd. dan Astiwi Kurniati, M.Psi. | 
| Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Teknik Modeling Simbolik, Interaksi Sosial | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) | 
| Depositing User: | FKIP 18.0301.0024 | 
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:03 | 
| Last Modified: | 26 Sep 2025 08:03 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6322 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      