Aisyah, Firda Dewi (2025) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN MANAJEMEN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0007_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (746kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0007_COVER_BAB IV,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0007_COVER_LAMPIRAN..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0007_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0007_FULLTEXT,.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
18.0301.0007_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan manajemen diri dengan motivasi belajar siswa. Efikasi diri berkaitan dengan keyakinan siswa terhadap kemampuannya, sedangkan manajemen diri mencakup pengaturan waktu, emosi, dan strategi belajar. Keduanya berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar agar siswa mampu menghadapi tantangan akademik secara optimal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 Magelang dengan jumlah sampel 119 siswa. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji t (parsial), uji F (simultan), serta regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 26.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa (p-value = 0,001). Selain itu, manajemen diri juga berhubungan signifikan dengan motivasi belajar siswa (p-value = 0,001). Secara simultan, efikasi diri dan manajemen diri bersama-sama berhubungan signifikan dengan motivasi belajar siswa (p-value = 0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah efikasi diri dan manajemen diri berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Implikasi penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan pihak sekolah dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang menumbuhkan efikasi diri dan manajemen diri siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Astiwi Kurniati, M.Psi. dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Manajemen Diri, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: FKIP 18.0301.0007
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:36
Last Modified: 30 Sep 2025 02:36
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item View Item