dzulfiqar, Muhammad (2025) Aplikasi Permainan Papercraft Pada Anak Usia Prasekolah Untuk Membantu Mengatasi Keterlambatan Motorik Halus. D3-D4 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 File 1_22.0601.0022_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB)  | 
          |
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 File 2_22.0601.0022_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 File 3_22.0601.0022_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 File 4_22.0601.0022_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 File 5_22.0601.0022_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORI.pdf - Published Version Download (810kB)  | 
          
Abstract
Keterampilan motorik halus merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia prasekolah. Keterlambatan pada perkembangan motorik halus dapat berdampak pada kemandirian, kemampuan akademik, serta interaksi sosial anak. Berbagai metode terapi non-farmakologis telah digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya melalui permainan papercraft. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi permainan papercraft terhadap stimulasi motorik halus pada anak prasekolah dengan keterlambatan perkembangan. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif pada dua responden anak usia prasekolah dengan risiko keterlambatan motorik halus. Intervensi dilakukan melalui terapi papercraft sebanyak lima kali kunjungan dengan durasi 20–30 menit, kemudian dilakukan evaluasi menggunakan lembar observasi KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus responden, ditandai dengan perbaikan keterampilan dalam aktivitas sehari-hari, koordinasi tangan-jari, serta meningkatnya kemandirian anak. Kesimpulan dari studi kasus ini adalah permainan papercraft terbukti dapat membantu meningkatkan stimulasi motorik halus pada anak usia prasekolah dan dapat dijadikan salah satu alternatif terapi non-farmakologis dalam praktik keperawatan anak.
| Item Type: | Karya Ilmiah (D3-D4) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Ns. Reni Mareta, M.Kep. | 
| Uncontrolled Keywords: | Motorik halus; Anak prasekolah; Terapi bermain; Papercraft; Keperawatan anak | 
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan (D-3) | 
| Depositing User: | FIK 22.0601.0022 | 
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:19 | 
| Last Modified: | 24 Sep 2025 07:19 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6072 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      