Putri, Anindya Aurelia Iqlima (2025) PENERAPAN PERMAINAN LEGO TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK DENGAN KETERLAMBATAN BERPIKIR DI MASA PRASEKOLAH. D3-D4 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 22.0601.0030_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB)  | 
          |
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 22.0601.0030_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 22.0601.0030_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 22.0601.0030_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Tugas Akhir)
 22.0601.0030_COVER_PERNYATAAN UNGGAH.pdf - Published Version Download (811kB)  | 
          
Abstract
Perkembangan kognitif anak usia prasekolah sangat dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan, salah satunya melalui permainan edukatif. Anak dengan keterlambatan berpikir membutuhkan media pembelajaran konkret untuk membantu meningkatkan daya pikir, konsentrasi, dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan lego terhadap perkembangan kognitif anak dengan keterlambatan berpikir di masa prasekolah.
Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus pada dua anak usia 6 tahun dengan keterlambatan berpikir. Intervensi dilakukan melalui terapi bermain lego sebanyak 4 kali pertemuan dalam 4 hari berturut-turut. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi perkembangan kognitif dengan indikator mengklasifikasikan, mengurutkan, mengkreasikan, serta mengevaluasi hasil karya. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor kognitif sebelum dan sesudah intervensi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor perkembangan kognitif pada kedua subjek setelah diberikan terapi bermain lego. Anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan konsentrasi, memori, pengambilan keputusan, serta kreativitas dalam menyusun lego.
Kesimpulan penelitian ini adalah permainan lego efektif digunakan sebagai media stimulasi untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak prasekolah dengan keterlambatan berpikir. Permainan ini dapat dijadikan alternatif terapi bermain bagi orang tua, guru, maupun tenaga kesehatan dalam upaya mendukung tumbuh kembang anak.
| Item Type: | Karya Ilmiah (D3-D4) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Ns. Reni Mareta, M.Kep | 
| Uncontrolled Keywords: | lego, perkembangan kognitif, keterlambatan berpikir, anak prasekolah | 
| Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing  | 
        
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan (D-3) | 
| Depositing User: | FIK 22.0601.0030 | 
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:01 | 
| Last Modified: | 26 Sep 2025 01:01 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5999 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      