Saputra, Febriananda Rizqi Eka (2025) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE UNTUK PEMBELAJARAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0504.0074_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (390kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0504.0074_BAB IV_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0504.0074_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0504.0074_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0504.0074_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini membahas perancangan UI/UX aplikasi mobile untuk pembelajaran Profil Pelajar Pancasila dengan
pendekatan Design Thinking. Latar belakang penelitian adalah kebutuhan media pembelajaran yang interaktif dan
menarik bagi generasi digital agar lebih memahami nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Metode Design Thinking
meliputi tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Prototipe aplikasi dirancang menggunakan
Figma, mencakup fitur utama seperti pengertian, ciri-ciri, dan permainan interaktif berbasis gamifikasi. Pengujian
dilakukan dengan metode System Usability Scale (SUS) terhadap 24 responden siswa SMA. Hasil pengujian
menunjukkan skor SUS 63, yang berada pada kategori marginal dan acceptable, dengan penilaian pengguna
bahwa aplikasi cukup mudah digunakan dan menarik. Kesimpulannya, aplikasi ini berpotensi menjadi media
pembelajaran digital yang inovatif, meskipun masih perlu pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan
fungsionalitas dan pengalaman pengguna.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Purwono Hendradi, M.Kom., Ph.D. dan Dimas Sasongko, S.Kom., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: UI/UX, Design Thinking, gamifikasi, Profil Pelajar Pancasila, aplikasi mobile
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S-1)
Depositing User: FT 18.0504.0074
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:00
Last Modified: 23 Sep 2025 07:00
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5964

Actions (login required)

View Item View Item