Prayogi, Nopsa Mustika (2025) Perancangan User Interface Aplikasi Siaga Siber Untuk Media Belajar Cybersecurity Menggunakan Metode Design Thinking. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0504.0041_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0504.0041_COVER_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0504.0041_COVER_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0504.0041_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0504.0041_COVER_PERNYATAAN UNGGAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan antarmuka aplikasi pembelajaran Siaga Siber sebagai media edukasi keamanan siber bagi siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh kebutuhan akan literasi digital sejak usia dini, khususnya dalam menghadapi tantangan dunia siber seperti ancaman malware, penipuan daring, dan pentingnya menjaga privasi digital. Penelitian menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses iteratif dalam perancangan antarmuka yang melibatkan masukan dari dosen pembimbing, ahli UI/UX, serta pengguna (siswa Sekolah Dasar), menghasilkan tampilan yang lebih optimal dan ramah anak. Antarmuka yang dikembangkan meliputi halaman login, perkenalan, materi, belajar interaktif, kuis, dan skor, yang didesain dengan pendekatan visual menarik dan penggunaan karakter edukatif Zyra dan Zyber sebagai narator interaktif.
Evaluasi dilakukan melalui metode Blackbox Testing dan Task Success Rate, menunjukkan bahwa aplikasi prototipe mampu mendukung kebutuhan pembelajaran dan dinilai layak oleh pengguna. Meskipun masih berbasis HTML statis dan belum terhubung dengan database, aplikasi ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran digital yang efektif dalam memperkenalkan konsep dasar cybersecurity kepada anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media edukasi yang aman, inklusif, dan menyenangkan bagi generasi digital.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Purwono Hendradi, M.Kom., Ph.D. dan Dimas Sasongko, S. Kom., M. Eng.
Uncontrolled Keywords: Desain Antarmuka, Cybersecurity, Anak Sekolah Dasar, Media Pembelajaran, Design Thinking, Literasi Digital, Siaga Siber.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T2 Information Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S-1)
Depositing User: FT 21.0504.0041
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:37
Last Modified: 22 Sep 2025 03:37
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5734

Actions (login required)

View Item View Item