Astuti, Yuli (2025) Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0047_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0047_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0047_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0047_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
24.0603.0047_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 102 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi SERVQUAL (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dan kepuasan pasien berdasarkan lima indikator menurut Irawan. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai kualitas pelayanan dalam kategori baik dan sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diterima. Uji Spearman menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien (p < 0,05; r = 0,803). Hal ini membuktikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, rawat jalan, RSUD Muntilan

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Puguh Widiyanto, S. Kp., M. Kep
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, rawat jalan, RSUD Muntilan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S-1)
Depositing User: FIK 24.0603.0047
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:18
Last Modified: 08 Sep 2025 02:18
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5612

Actions (login required)

View Item View Item