Astuti, Yuli (2025) Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0047_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (900kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0047_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0047_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0047_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0047_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 102 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi SERVQUAL (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dan kepuasan pasien berdasarkan lima indikator menurut Irawan. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai kualitas pelayanan dalam kategori baik dan sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diterima. Uji Spearman menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien (p < 0,05; r = 0,803). Hal ini membuktikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, rawat jalan, RSUD Muntilan
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Puguh Widiyanto, S. Kp., M. Kep |
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kepuasan pasien, rawat jalan, RSUD Muntilan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S-1) |
Depositing User: | FIK 24.0603.0047 |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:18 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:18 |
URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |