RAHMATULLAH, BAGUS (2025) PENANAMAN AKHLAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS 2 SMP N 2 WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0064_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (355kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0064_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0064_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0064_COVER_PERNYATAAN REPOSITORI.pdf - Published Version Download (74kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0064_FULLTEXT (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Akhlak memiliki peran yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia, baik di tingkat masyarakat maupun bangsa. Keberhasilan atau kemunduran, kejayaan atau kehancuran, serta kesejahteraan atau kerusakan suatu bangsa dan masyarakat sangat bergantung pada etika yang dimiliki oleh individunya. Berbagai permasalahan tentang kerusakan akhlak masih sering terjadi di SMP N 2 Windusari seperti kurangnya sopan santun murid kepadanya gurunya. Maka dari itu pentingnya penanaman akhlak berbasis kearifan lokal untuk membentuk akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman akhlak berbasis kearifan lokal di SMP N 2 Windusari dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan kearifann lokal dalam penanaman akhlak terhadap perilaku siswa di SMP N 2 Windusari. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan proses penanaman akhlak berbasis kearifan lokal di SMP N 2 Windusari dilakukan melalui pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam. Hal ini ditunjukan dengan adanya berbagai macam tradisi lokal yang mana dapat dijadikan sebagai media untuk mengaitkan materi akhlak Islami dengan realitas yang dekat dengan kehidupan siswa. Faktor pendukung penanaman akhlak meliputi komitmen manajemen sekolah, lingkungan sosial dan budaya yang masih kuat memegang tradisi lokal, keterlibatan orang tua dan tokoh masyarakat, adapun faktor-faktor yang menghambat proses penanaman akhlak berbasis kearifan lokal adalah pengaruh negatif media sosial (tiktok, youtube, game online dll) yang menyebabkan pergeseran akhlak siswa serta keterbatasan sarana prasarana pendukung seperti masjid yang kurang luas dan kurangnya perawatan pada alat-alat kesenian.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Akhlak, Kearifan Lokal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam |
Depositing User: | FAI 18.0401.0064 |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:55 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |