Suradi, Agus (2017) STUDI PERBANDINGAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0040 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (566kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0040 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0040 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0040 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan gaya belajar
visual, auditori, dan kinestetik dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn
kelas IV dan V SD Negeri Donorojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten
Magelang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis komparasi dengan
melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Gaya belajar visual, Gaya
belajar auditori, dan Gaya belajar kinestetik sebagai variabel bebas, dan prestasi
belajar sebagai variabel terikat. Penelitian ini melibatkan kelas IV dan kelas V
dengan sampel 52 siswa dari 52 anggota populasi. Penentuan sampel berdasar
teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk
angket. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunkan analisis
multivariate analysis of variance (MANOVA).
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual sebanyak
17 siswa dengan presentase 32,69%, gaya belajar auditori sebanyak 23 siswa
dengan presentase 44,32%, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 12 siswa dengan
presentase 23,08%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar auditori
paling tinggi kontribusinya pada prestasi belajar PKn dibandingkan gaya belajar
visual dan kinestetik. Hal ini ditunjukkan dengan variabel untuk X1 dengan
prestasi belajar PKn diperoleh Fhitung 0.074<Ftabel4,03 dan diperoleh sig
0,657>0,05. 2), Nilai perbandingan variabel untuk X2 terhadap prestasi belajar
PKn diperoleh Fhitung 12,044>Ftabel 4,03 dan diperoleh sig 0,037 < 0,05. 3). Nilai
perbandingan variabel untuk X3 terhadap prestasi belajar PKn diperoleh
Fhitung0.051<Ftabel4,03 dan diperoleh sig 0,806>0,05. Berarti terdapat perbedaan
siswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dengan
prestasi belajar PKn SD Negeri Donorojo Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten
Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M. Pd(0007085701) dan Rasidi, M.Pd(0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | gaya visual, gaya auditori, gaya kinestetik, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:19 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:14 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |