Kurniawati, Desyatia Citra (2023) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURI & TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR REMAJA (Penelitian Pada Remaja Dusun Susukan Desa Grabag Kecamatan Grabag). Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0301.0022_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (271kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0301.0022_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
![]() |
PDF (Skeipsi)
18.0301.0022_COVER_LAMPIRAN - tya citra.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0301.0022_FULL TEXT - tya citra.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0301.0022_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI - tya citra.pdf - Published Version Download (68kB) |
Abstract
Perencanaan karir adalah suatu proses yang sengaja dilakukan untuk merencanakan masa depan secara rasional dengan penuh pertimbangan terkait pemahaman diri sendiri, pemahaman studi lanjut dan dunia kerja untuk mengambil langkah-langkah dalam mecapai tujuan karir yang diinginkan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring dan teknik Thought stopping untuk meningkatkan perencanaan karir remaja Dusun Susukan Desa Grabag Kecamatan Grabag dan membandingkan keefektifan dari konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring dan teknik Thought stopping untuk meningkatkan perencanaan karir remaja Dusun Susukan Desa Grabag Kecamatan Grabag.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah true experimental dengan desain Randomized Pretest-Posttest Comparasion Group Design. Subjek penelitian dipilih dengan teknik probability sampling secara simple random sampling (acak). Sample pada penelitian ini menggunakan 5 remaja sebagai kelompok eksperimen 1 dan 5 remaja sebagai kelompok eksperimen 2. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket perencanaan karir yang sudah diuji validitas dan uji reliabilitas dengan bantuan program SPSS 25. for Windows. Hasil uji normalitas menunjukan data berdistribusi normal dan hasil uji homogen menunjukkan data memiliki varian homogen, sehingga digunakan analisis data statistik parametrik yaitu One Way Anova.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring dan teknik Thought Stopping berpengaruh atau efektif untuk meningkatkan perencanaan karir remaja dan teknik Cognitive Restructuring lebih efektif untuk meningkatkan perencanaan karir remaja dibandingkan teknik Thought Stopping. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Teknik Cognitive Restructuring mengalami kenaikan sebanyak 32,400 sedangkan teknik Thought Stopping mengalami kenaikan sebanyak 29,000.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dewi Lianasari, M.Pd.dan Astiwi Kurniawati, M.Psi. |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, Teknik Thought Stopping, Perencanaan Karir |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:05 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:05 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |