Susanti, Novi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA JAMSUT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Desa Ketawangrejo,Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0207_BAB I-BAB II-BAB III-BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Novi Susanti.pdf - Published Version Download (414kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0207_BAB IV - Novi Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0207_LAMPIRAN - Novi Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0207_FULLTEXT - Novi Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0207_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Novi Susanti.pdf - Published Version Download (348kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kontekstual berbantuan media jamsut terhadap hasil belajar Matematika siswa
kelas IV Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian
yang digunakan adalah One-Grup Pretest-Posttest. Sampel yang diambil
sebanyak 15 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengambilan sampel menggunakan sampeling jenuh. Pengumpulan data
menggunakan metode tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Uji Paired Samples t-tes dengan program SPSS versi 24.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Kontekstual
berbantuan Media jamsut ada pengaruh terhadap hasil belajar Matematika.
Bukti adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan
antara nilai pretest dan nilai posttest yaitu nilai rata-rata pretest 60,6 sedangkan
rata-rata nilai posttest 77,3. Berdasarkan uji t diperoleh nilai –t tabel > t hitung > t
tabel yaitu (-2.086 > - 6,608 atau 6,608 > 2.045), dengan sig = 0.000 sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan yang signifikan
Kesimpulannya adalah ada pengaruh model kontekstual berbantuan media
jamsut terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ari Suryawan, M.Pd. dan Agristo Bintang A.P, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Kontekstual, Media Jamsut, Hasil BelajarMatematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:16 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:16 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |