Fahreza, Fella Zuhra (2019) PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0038 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (123kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Baca
Tulis Al-Qur‟an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA
Negeri 3 Magelang.
Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X SMA Negeri 3
Magelang yang berjumlah 254. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 34 siswa
yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode tes yang digunakan untuk
mengungkapkan variabel kemampuan baca tulis Al-Qur‟an dan hasil belajar
Siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif
dengan statistik. Untuk mengetahui pengaruh kemampuan baca tulis al-qur‟an
dan hasil belajar siswamenggunakan bantuan komputer program SPSS for
windows versi 16.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baca tulis al-qur‟an di
SMA Negeri 3 Magelang yang berada dalam kategori kurang adalah sebanyak 2
responden dengan prosentase 6%, yang berada dalam kategori cukup adalah
sebanyak 18 responden dengan prosentase 53%, dan yang memiliki kemampuan
baca tulis al-qur‟an dalam kategori baik yaitu sebanyak 14 responden dengan
prosentase 41%, maka kemampuan baca tulis al-qur‟an tergolong cukup dengan
18 responden dengan prosentase 53%. Selanjutnya hasil belajar pendidikan agama
islam berada dalam kategori cukup yaitu sebanyak 34 siswa telah mencapai
kriteria ketuntasan, atau mencapai standar KKM, yaitu dengan rincian 1 orang
mendapat nilai sangat baik yaitu 91 dengan presentase 3%, dan responden yang
mendapat nilai baik yaitu terdapat 14 siswa dengan presentase 41%, dan yang
mendapat nilai cukup atau berada pada standar KKM yaitu terdapat 19 siswa
dengan presentase 56%.
Maka dapat diketahui Rata-rata hasil belajar PAI yang telah dicapai
peserta didik dari 34 sampel yang diteliti adalah 2710:34 = 79, yang berarti hasil
belajar pai berada pada kategori cukup dan mencapai nilai standar KKM (tuntas).
Berdasarkan data tersebut maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar PAI di SMA
Negeri 3 Magelang dapat dikategorikan cukup. Hasil penelitian membuktikan
bahwa ada pengaruh antara Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‟an terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Magelang.. Hal itu
dibuktikan karena perolehan nilai r hitung yaitu 0,479 lebih besar dari r tabel yaitu
0,339. Jika dikonsultasikan pada tabel interpretasi maka tingkat koefisien korelasi
berada dalam kategori cukup. Besarnya pengaruh variabel kemampuan baca tulis
al-qur‟an terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI, diketahui dengan rumus
koefisien determinasi sebesar 23%, sedangkan sisanya sebesar 87% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, M.A dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Al-Qur'an, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 04:03 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 06:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |