PRAYOGO, DWI (2020) PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH MUNTILAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0401.0035_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0401.0035_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0401.0035_FULLTEXT.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0401.0035_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0401.0035_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh
Keteladanan Orangtua Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa SMP
Muhammadiyah Muntilan.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan
kuantitatif.Populasi penelitian ini meliputi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
Muntilan. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa teknik yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Pengumpulan
data diperoleh dengan cara angket/kuesioner, sedangkan untuk menganalisis data
dilakukan dengan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui
Pengaruh Keteladanan Orangtua Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa si SMP
Muhammadiyah Muntilan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for
windows.
Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) 11, 5 %
keteladanan orangtua memiliki kategori sangat baik (rata-rata = 60%); (2)
Perilaku keberagamaan berada dalam kategori baik (rata-rata 50%). Hasil analisis
Regresi sederhana menunjukkan (3) adanya pengaruh keteladanan orangtua
terhadap perilaku keberagamaan siswa, koefisien uji t berdasarkan nilai
signifikansi dari tabel koefisien diperoleh nilai signifikansi sebesar 0, 000 < 0, 05.
Nilai t hitung sebesar 4.026 > t tabel 2, 063 , kemudian besar koefisien
determinasi adalah 0,403 mengandung pengertian bahwa pengaruh keteladanan
orangtua terhadap perilaku keberagamaan siswa adalah sebesar 40,3%. Sedangkan
59,7% (100% - 40,3%) dipengaruhi oleh variabel yang tidak diketahui. Jadi
pengaruh keteladanan orangtua terhadap perilaku keberagamaan siswa hanya
40,3%. sedangkan pengaruh variabel lain 59,7%.sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh keteladanan orangtua terhadap perilaku keberagamaan siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Imron, MA dan Afga Sidiq Rifa‟I, S.Pd. M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:22 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:22 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |