HUDA, MIFTAKHUL (2020) PENGARUH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEPATUHAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI MTS MUALLIMIN KATEKAN TEMANGGUNG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0008_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0008_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0008_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Mata Pelajaran Aqidah
Akhlak terhadap Kepatuhan Siswa pada Tata Tertib Sekolah di MTs Muallimin
Katekan Temanggung.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MTs Muallimin Katekan
Temanggung yang berjumlah 108 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah
27 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang
digunakan untuk mengetahui variabel mata pelajaran aqidah akhlak dan kepatuhan
siswa pada tata tertib sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui pengaruh
mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kepatuhan siswa pada tata tertib sekolah
menggunakan bantuan program perhitungan SPSS for windows versi 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan mata pelajaran aqidah
akhlak di MTs Maullimin Katekan Temanggung yang berada dalam kategori
cukup sebanyak 5 responden dengan presentase 18.5%, dalam kategori baik yaitu
sebanyak 12% responden dengan prosentase sebanyak 44,5%, sedangkan sisanya
yaitu sebanyak 10 responden dengan prosenrase 37% dalam kategori sangan baik.
Selanjutnya kepatuhan siswa pada tata tertib sekolah di MTs Muallimin Katekan
Temanggung berada dalam kategori cukup sebanyak 2 responden dengan
prosentase 7,5%, dalam kategori baik senyak 18 responden dengan prosentase
66,5%, sedangkan sisanya sebanyak 7 responden dengan prosentase 26% dalam
kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut maka dapat dikatakan bahwa mata
pelajaran aqidah akhlak di MTs Muallimin Katekan Temanggung dapat
dikategorikan baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh mata
pelajaran aqidah akhlak terhadap kepatuhan siswa pada tata tertib sekolah di MTs
Muallimin Katekan Temanggung. Hal ini dibuktikan karena Perolehan nilai r
hitung yaitu 0,778 lebih besar dari r tabel yaitu 0,381. Jika dikonsultasikan pada
tabel interprestasi maka tingkat koefisisen korelasi berada dalam kategori cukup.
Besarnya pengaruh variabel mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kepatuhan
siswa pada tata tertib sekolah diketahui dengan rumus koefisien determinasi
sebesar 60,8%, sedangkan sisanya sebesar 39,2% dipengaruhi faktor lain yang
tidak penulis teliti.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan M. Tohirin, S.Ag., M.Ag |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:21 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 07:20 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |