Fitriani, Herfina (2020) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING DAN SELF-CONTROL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0034_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0034_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0034_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0301.0034_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0034_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok
dengan teknik Operant Conditioning dan Self-Control terhadap peningkatan
motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 8 Kota
Magelang.
Penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-Posttest Comparison
Group Design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 16 siswa, 8 siswa
sebagai kelompok eksperimen 1 dan 8 siswa sebagai kelompok eksperimen 2.
Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis parametrik One Way Anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik
Operant Conditioning dan Self-Control sama-sama efektif dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat pada peningkatan skor pretest dan posstest
dari kedua kelompok tersebut, dimana rata-rata peningkatan skor pretest dan
posstest pada kelompok eksperimen 1 sebesar 28,25 (21,41 %) dan kelompok
eksperimen 2 sebesar 13 (9,52 %). Hasil uji Anova pada kelompok eksperimen
dengan nilai probabilitas Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dan nilai Fhitung sebesar
46,575. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan
teknik Operant Conditioning dan Self-Control efektif untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons
Uncontrolled Keywords: Operant Conditioning, Self-Control, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:27
Last Modified: 24 Feb 2025 04:02
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item