Wulan Pamungkas, Enggar (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK) DENGAN MEDIA BONHU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pager Bateh Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview  | 
            
              
PDF (Skripsi)
 15.0305.0004_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (802kB) | Preview  | 
          
| 
              
PDF (Skripsi)
 15.0305.0004_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (269kB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 15.0305.0004_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 15.0305.0004_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB)  | 
          |
Preview  | 
            
              
PDF (Skripsi)
 15.0305.0004_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (378kB) | Preview  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran SAS (struktural analisis sintetik) dengan media Bonhu terhadap
keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Pager Bateh.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental design.
Tipe one group pretest – posttest. Subjek penelitian dipilih menggunakan
sampling jenuh, sebanyak 15 siswa. Instrument penelitian berupa tes tertulis yang
berjumlah 8 soal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes.
Analisis data menggunakan teknik statistik nonparametrik yaitu Uji-Bertanda
Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan
menulis permulaan menggunakan metode SAS dengan media Bonhu. Pada
pengukuran awal diperoleh skor pengukuran awal rata-rata 39 nilai minimal 8 dan
nilai maksimal 67 . Setelah dilakukan pengukuran dengan menerapkan metode
SAS dan media Bonhu dan diberikan pengukuran kembali diperoleh rata-rata
sebesar 82 nilai minimal 67 dan nilai tertinggi 91 . Uji hipotesis diperoleh nilai
Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.001<0.05 dan Z skor sebesar -3.410 sehingga
hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa “Metode SAS dengan media Bonhu
terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri
Pager Bateh dapat diterima dan terbukti kebenarannya.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Dr. Hermahayu, M. Si dan Ari Suryawan, M.Pd | 
| Uncontrolled Keywords: | metode SAS, media bonhu, keterampilan menulis permulaan | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) | 
| Depositing User: | Atin Istiarni | 
| Date Deposited: | 15 Oct 2020 02:07 | 
| Last Modified: | 18 Mar 2025 01:59 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1590 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      