Yanayirtika, Maryam Jamilah (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN STRATEGI MENGAJAR GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR PAI DI MI MA’ARIF BULUREJO. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0048-BAB1-BABII-BABIII-BABV-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0401.0048-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0401.0048_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0401.0048-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0048_PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
perhatian orang tua dan strategi mengajar guru terhadap perilaku belajar PAI
di MI Ma‘arif Bulurejo.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa MI Ma‘arif Bulurejo Mertoyudan Magelang
sebanyak 204 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V
(lima) yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar engket atau
kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan analisis
statistik regresi linear ganda menggunakan bantuan program SPSS for
windows release versi 21.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perhatian orang tua memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI . Hal
tersebut berdasarkan nilai koefisien regresi sebesar 0.288 dengan tingkat
probabilitas 0.034 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05, serta besaran
konstribusi variabel perhatian orang tua terhadap perilaku belajar PAI adalah
sebesar 26.11%. 2) Srategi mengajar guru memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI. Hal tersebut berdasarkan nilai
koefisien regresi sebesar 0.434 dengan tingkat probabilitas 0.029 lebih kecil
dari taraf signifkansi 0.05, serta besaran konstribusi variabel strategi mengajar
guru terhadap perilaku belajar PAI adalah sebesar 26.6% 3) Perhatian orang
tua dan strategi mengajar guru secara bersama-sama memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI. Hal tersebut berdasarkan
nilai F hitung sebesar 10.020 dengan tingkat probabilitas 0.000 lebih kecil
dsari taraf signifikansi 0.05, serta besar koefisien determinasi sebesar 35.1% ,
sedangkan sisanya 64.9% dipengarhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs.Mujahidun, M.Pd. (0604066702) dan Istania Widayati, M.Pd.I (0601118602)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Strategi Mengajar Guru, Perilaku Belajar PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Dec 2019 09:17
Last Modified: 14 Feb 2025 03:27
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item