Sari, Maulia Ravita (2025) Konseling Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0024_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (486kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0024_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0024_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0024_COVER_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0301.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
18.0301.0024_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas VI di MI Al Islam Jlamprang Kabupaten Semarang. Tujuan utama penelitian ini adalah memberikan intervensi berupa layanan konseling kelompok teknik modeling simbolik sehingga peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berinteraksi, membangun hubungan sosial yang sehat, serta menumbuhkan sikap saling menghargai di lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI berumlah 12 peserta didik. Subjek penelitian terdiri dari 7 peserta didik kelas VI yang ditentukan melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa angket interaksi sosial yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor interaksi sosial dari 117,57 pada pretest menjadi 120,14 pada posttest. Uji hipotesis menghasilkan nilai t = -2,714 dengan signifikansi (Sig. 2-tailed) = 0,035 (< 0,05). Hal ini membuktikan adanya perbedaan signifikan antara skor sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan nteraksi sosial peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dewi Lianasari, M.Pd. dan Astiwi Kurniati, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Modeling Simbolik, Interaksi Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: FKIP 18.0301.0024
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:03
Last Modified: 26 Sep 2025 08:03
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item