Prayogi, Nopsa Mustika (2025) Perancangan User Interface Aplikasi Siaga Siber Untuk Media Belajar Cybersecurity Menggunakan Metode Design Thinking. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0041_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0041_COVER_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0041_COVER_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0041_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0504.0041_COVER_PERNYATAAN UNGGAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy  | 
          
Abstract
Penelitian ini berfokus pada perancangan antarmuka aplikasi pembelajaran Siaga Siber sebagai media edukasi keamanan siber bagi siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh kebutuhan akan literasi digital sejak usia dini, khususnya dalam menghadapi tantangan dunia siber seperti ancaman malware, penipuan daring, dan pentingnya menjaga privasi digital. Penelitian menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan, yaitu  empathize, define, ideate, prototype, dan test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses iteratif dalam perancangan antarmuka yang melibatkan masukan dari dosen pembimbing, ahli UI/UX, serta pengguna (siswa Sekolah Dasar), menghasilkan tampilan yang lebih optimal dan ramah anak. Antarmuka yang dikembangkan meliputi halaman login, perkenalan, materi, belajar interaktif, kuis, dan skor, yang didesain dengan pendekatan visual menarik dan penggunaan karakter edukatif Zyra dan Zyber sebagai narator interaktif.
Evaluasi dilakukan melalui metode Blackbox Testing dan Task Success Rate, menunjukkan bahwa aplikasi prototipe mampu mendukung kebutuhan pembelajaran dan dinilai layak oleh pengguna. Meskipun masih berbasis HTML statis dan belum terhubung dengan database, aplikasi ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran digital yang efektif dalam memperkenalkan konsep dasar cybersecurity kepada anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media edukasi yang aman, inklusif, dan menyenangkan bagi generasi digital.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Purwono Hendradi, M.Kom., Ph.D. dan Dimas Sasongko, S. Kom., M. Eng. | 
| Uncontrolled Keywords: | Desain Antarmuka, Cybersecurity, Anak Sekolah Dasar, Media Pembelajaran, Design Thinking, Literasi Digital, Siaga Siber. | 
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T2 Information Technology  | 
        
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S-1) | 
| Depositing User: | FT 21.0504.0041 | 
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:37 | 
| Last Modified: | 22 Sep 2025 03:37 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5734 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      