Suprapmanto, Joko (2017) KORELASI ANTARA RUTINITAS MENGAJI DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0168_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0168_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0168_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0168_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara
rutinitas mengaji dan perhatian orang tua Mengaji merupakan aktivitas belajar
membaca dan memahami Al Qur`an sedangkan perhatian orang tua merupakan
fokus perhatian orang tua pada anak yang merupakan bentuk kasih sayang
terhadap anak.
Subjek penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian korelasional. Adapun teknik analisis yang
digunakan yaitu analisis regresi linier ganda. Metodologi pengumpulan data
yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Data yang diambil yaitu
dokumentasi nilai raport siswa dan absensi mengaji siswa serta skor angket
perhatian orang tua.
Skor hasil dokumentasi dan angket dianalisis dengan menggunakan SPSS
versi 23.0 for windows. Berdasarkan analisis korelasi sederhana antara rutinitas
mengaji dengan perhatian orang tua diperoleh hasil uji Fhitung : F tabel adalah
10.792 > 3.232. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang
signifkan antara variabel rutinitas mengaji dengan prestasi belajar siswa
Analisis selanjutnya analisis regresi sederhana antara variabel perhatian orang
tua dengan prestasi belajar siswa dengan hasil nilai uji Fhitung : F tabel adalah
13.588> 3.232 sehingga dapat dikatakan hasilnya terjadi hubungan positif dan
selanjutnya analisis regresi linier ganda hubungan antara rutinitas mengaji dan
perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa. Adapun hasil analisisnya
Fhitung : F tabel adalah 7.870 > 3.232, dengan taraf signifikan sebesar 24.7%
sehingga dapat dikatakan terjadi hubungan positif yang signifikan
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Bapak Drs. Arie Supriyatna, M.Si.(0012045601) dan Ibu Galih Istiningsih, M.Pd.(0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Rutinitas Mengaji, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:09 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |