Nurjanah, Nurjanah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0008 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran
Children Learning In Science (CLIS) terhadap peningkatan hasil belajar mata
pelajaran IPA siswa Kelas IV SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan subjek
penelitian siswa kelas IV A dan B SDIT Ihsanul Fikri pada semester genap
tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa.
Desain penelitian menggunakan True Experimental Design.
Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang
terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa, dan kelas
kontrol berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik
probability sampling dengan metode Simple Random Sampling. Teknik
pengumpulan data dipakai meliputi dokumentasi, observasi, test. Teknik
analisis data digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas,
homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis
penelitian menggunakan uji-t test .
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model
Children Learning In Science (CLIS) berpengaruh terhadap peningkatan hasil
belajar IPA kelas IV SDIT Ihsanul Fikri dengan bukti perhitungan rata-rata
pengukuran awal (pretest) sebesar 80,68 lebih rendah daripada rata-rata
pengukuran akhir (postest) sebesar 89,20. Peningkatan hasil belajar sebanyak
8,52.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan M. A Noviudin Pritama, M.Pd.(0625118801)
Uncontrolled Keywords: Model Children Learning In Science (CLIS), hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:29
Last Modified: 30 Jan 2025 03:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item