Dewi, Intan Sari (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE READING ALOUD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JAWA SISWA KELAS III SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0182_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0182_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0305.0182_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0182_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reading aloud
terhadap peningkatan keterampilan membaca bahasa Jawa siswa Kelas III SD IT
Muhammadiyah Bandongan tahun ajaran 2015/2016.
Desian penelitian ini adalah true experimental design dengan model pre
test post test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas III SD IT Muhammadiyah Bandongan, dengan sampel kelas IIIA berjumlah
25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan IIIB berjumlah 25 siswa sebagai
kelompok kontrol. Dengan teknik pengambilan data simple random sampling.
Variabel dalam penelitian ini yaitu metode reading aloud (variabel bebas) dan
keterampilan membaca bahasa jawa (variabel independen). Teknik pengumpulan
data yaitu observasi dan tes, yang dianalisis menggunakan analisis statistic
parametrik dengan teknik analisis data menggunakan pengujian independent
sample T test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode reading aloud
berpengaruh terhadap keterampilan membaca bahasa jawa. Hal tersebut
dibuktikan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen.
Selanjutnya, uji hipotesis diperoleh hasil thitung> ttabel yaitu (2,491> 2,011).
Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan
anatara postest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Reading Aloud, Keterampilan Membaca Bahasa Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:52
Last Modified: 21 Jan 2025 07:13
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item