Mubasir, Mubasir (2025) BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Tuna Grahita Jenjang SD di SLB Negeri kota Magelang. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0022_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (790kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0022_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0022_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0022_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0401.0022_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
20.0401.0022_COVER_BAB I-BAB V.docx

Download (381kB)

Abstract

Anak tuna grahita merupakan anak yang memiliki keterbatasan dalam belajar, membutuhkan penyampaian pembelaran PAI yang tepat yakni memilih media yang sesuai agar pembelajaran efektif dan efisien. SLB Negeri Kota Magelang dalam penyampaian pembelajarannya menggunakan BCM. BCM juga salah satu strategi yang digunakan untuk mengemas PAI agar disampaikan menyenangkan dan berkesan pada jiwa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, problematika dan solusi BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) dalam pembelajaran PAI pada siswa tuna grahita jenjang SD di SLB Negeri Kota Magelang. Penelitian ini penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data dari sumber primer maupun sekunder. Peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi BCM dalam pembelajaran PAI pada siswa tuna grahita jenjang SD di SLB Negeri Kota Magelang membantu guru kreatif, mempermudah penerimaan siswa, membuat anak senang dan tidak bosan. Pada pelaksanaanya dilakukan melalui tiga tahap, yaitu a) tahap persiapan, guru mencermati capaian pembelajaran (CP) dan melakukan tahapan – tahapan serta membuat modul ajar. b)tahap pelaksanaan, guru mengkondisikan siswa, mengabsen siswa, menyampaikan tema pembelajaran, bertanya atau bercerita dengan judul yang dibahas dan dilanjutkan BCM serta tanya jawab kepada siswa. c) tahap evaluasi, dilakukan
refleksi pada akhir pembelajaran. (2) Problematika dan solusi implementasi BCM dalam pembelajaran PAI pada siswa tuna grahita jenjang SD di SLB Negeri Kota Magelang kurangnya sarana dan prasarana. Kemudian pelayanan gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Selanjutnya kondisi peserta didik. Sementara untuk mengatasi hal tersebut : pertama, pengadaan sarana dan prasarana. Kedua, penyesuaian evaluasi siswa. Ketiga, penggunaan pendekatan kurikulum.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi), Pembelajaran PAI, Siswa Tuna Grahita
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: FAI 20.0401.0022
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:11
Last Modified: 27 Feb 2025 02:11
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item