Nuralifah, Hima (2025) PERSEPSI PESERTA DIDIK DAN GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0004_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (322kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0004_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0004_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0004_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0004_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (537kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2020 sebagai respons terhadap kebutuhan untuk memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dalam merancang pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik mereka. Dalam era pendidikan yang terus berkembang, penerapan kurikulum yang inovatif menjadi semakin penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik dan guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kota Magelang. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi penerapan serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi kurikulum tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik dan guru tentang penerapan kurikulum merdeka terbagi menjadi positif dan negatif. Peserta didik menyukai dengan kebebasan peminatan dan kegiatan P5, tetapi merasa terbebani oleh tugas kelompok dengan waktunya terbatas. Adapun persepsi guru PAI yaitu merasakan adanya perubahan perencanaan pembelajaran menjadi modul ajar, selain itu yang dirasakan guru PAI yaitu kurangnya jam pembelajaran dan materi yang tidak runtut, yang menyulitkan dalam penyampaian topik. Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA N 1 Kota Magelang berjalan baik selama 3 tahun, keberhasilan penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran PAI ditandai dengan kemampuan guru membuat modul ajar. Tantangan yang dihadapi oleh peserta didik adalah terbebani dengan tugas kelompok, guru PAI mengeluhkan tentang pengurangan jam dan perubahan materi.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, S.Ag., MA. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Users 9727 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:31 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:31 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |