Pratama, Rivaldo Chairul Yudha (2024) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KETERAMPILAN MENGGAMBAR DEKORATIF (Penelitian ini dilaksankan pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Materi Ragam Hias Kelas III di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0039_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Rivaldodo Yudha.pdf - Published Version Download (835kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0039_COVER_BAB IV - Rivaldodo Yudha.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0039_COVER_LAMPIRAN - Rivaldodo Yudha.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0039_FULL TEXT - Rivaldodo Yudha.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0039_COVER_PERNYATAAN REPOSITORY - Rivaldodo Yudha.pdf - Published Version Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Model Contextual Teaching Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Keterampilan Menggambar Dekoratif Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian menggunakan total sampling yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan test unjuk kerja keterampilan menggambar dekoratif.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25 for windows untuk menghitung dan mengetahui hasil uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Validitas instrument menggunakan validitas ahli yang berisi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar, media dan unjuk kerja pretest-posttest. Soal Pretest dan posttest menggunakan korelasi uji normalitas dan uji reliabilitas. Uji Normalitas menggunakan analisis Shapiro-wilk dikarenakan sampel yang digunakan < 50 sampel.. Uji reliabilitas instrument menggunakan Crobach Alpha.
Teknik analisis data pada penelitian menggunakan uji Wilcoxon karena data berdistribusi tidak normal. Kemudian dilakukan uji Wilcoxon menunjukkan hasil Sig. 0,000 < 0,05. Sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pembelajaran model contextual teaching learning berbantuan media konkret terhadap keterampilan menggambar dekoratif pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ari Suryawan,M.Pd dan Putri Meinita Triana,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | seni budaya, keterampilan menggambar dekoratif, model CTL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 04:34 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 04:34 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |