Ulfa, Isnaini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA STIK BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG (Penelitian pada Siswa Kelas II SD di Desa Mungkid, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0174_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0174_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0174_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0174_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0174_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap peningkatan kemampuan
berhitung siswa kelas II Sekolah Dasar di Desa Mungkid, Kecamatan Mungkid,
Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre- Eksperimental Designs,
khususnya pola one group pretest posttest design (tes awal-tes akhir kelompok
tunggal). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability
sampling dengan jenis sample purposive. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas II SD di Desa Mungkid yang berjumlah 50 siswa dan
sampel yang diambil berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui tes tertulis dengan bentuk tes pilihan ganda. Uji validitas instrumen tes
dengan menggunakan rumus product moment dan uji hipotesis menggunakan
paired sample t Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 24.00.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Auditory
Intelectually Repetition (AIR) dengan media stik bilangan berpengaruh positif
terhadap kemampuan berhitung siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis paired
sampel t test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis
dan pembahasan , terdapat perbedaan skor rata-rata pada pretest dan posttest .
Skor rata rata pretest 48,75 dan skor rata-rata posttest 84,50. Pengujian hipotesis
dengan t Hitung (-20,429) yang lebih besar dari dari t tabel (1,728) menujukan
bahwa model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) berbantuan
media stik bilangan berpengaruh terhadap kemampuan berhitung.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd,Kons, dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Auditory Intelectually Repetition (AIR), Stik Bilangan, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:01
Last Modified: 17 Mar 2025 02:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item