Fitri, Dita Kurnia (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN LABYRINTH BOARD GAMES TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas 4 SD Di Desa Sudimoro Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_ BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0130_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0130_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0130_ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran
Realistic Mathematics Education Berbantuan Labyrinth Board Games
Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas IV SD
Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian Pre-Experimental dengan desain one grup pretest-posttest.
Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Labyrinth Board
Games Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas IV SD Desa
Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang berjumlah 21 siswa
. Teknik pengambilan sampel menggunakan total teknik sampel. Pengambilan
data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Sample t
Test dengan bantuan IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics
Education Berbantuan Labyrinth Board Games berpengaruh terhadap
peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari
hasil analisis uji Paired Sample t Test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed)
adalah 0,001 < 0,05 dan T skor sebesar -17.282. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes pemahaman konsep
matematika yaitu pengukuran awal (pretest) 52,5 dan pengukuran akhir
(posttest) 75,3.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Galih Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran Realistic Mathematics Education, Media Labyrinth Board Games
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:55
Last Modified: 24 Feb 2025 03:23
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item