Fitri, Dita Kurnia (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN LABYRINTH BOARD GAMES TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas 4 SD Di Desa Sudimoro Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_ BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (824kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0130_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran
Realistic Mathematics Education Berbantuan Labyrinth Board Games
Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas IV SD
Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian Pre-Experimental dengan desain one grup pretest-posttest.
Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Labyrinth Board
Games Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas IV SD Desa
Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang berjumlah 21 siswa
. Teknik pengambilan sampel menggunakan total teknik sampel. Pengambilan
data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Sample t
Test dengan bantuan IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics
Education Berbantuan Labyrinth Board Games berpengaruh terhadap
peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari
hasil analisis uji Paired Sample t Test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed)
adalah 0,001 < 0,05 dan T skor sebesar -17.282. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes pemahaman konsep
matematika yaitu pengukuran awal (pretest) 52,5 dan pengukuran akhir
(posttest) 75,3.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Galih Istiningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran Realistic Mathematics Education, Media Labyrinth Board Games |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:55 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 03:23 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |