Wijareni, Fajrina Indah (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA MONOGARA TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Keji 2 Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0113_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0113_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0113_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0113_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0113_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (268kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual
Teaching and Learning Berbantuan Media Monogara terhadap hasil belajar siswa
kelas IV Sekolah Dasar Keji 2 Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design,
dengan model One Group Pretest-Postetst Design. Subjek penelitian dipilih
secara jenuh sampling. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji validitas
soal hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan IBM SPSS for
Windows versi 25.00. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Analisis data
menggunakan teknik statistic parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan
bantuan program IBM SPSS for Windows versi 25.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and
Learning berbantuan media monogara berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai Sig
sebesar 0,000 < 0.05 dan T-skor sebesar -9.572. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes pengukuran awal (pretest)
sebesar 63,2 dan dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 84,0. Hasil dari
penelitian dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning
Berbantuan Media Monogara Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Purwati, M.S.,Kons. dan Septiyati Purwandari, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Contextual Teaching and Learning, Media Monogara, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:51 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:28 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |