Amirotus Sholikhah, Nabella (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANG. S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0016_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0016_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0016_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0016_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0016_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara strategi
pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada anak berkebutuhan
khusus di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah
Terpadu Harapan Kota Magelang yang berjumlah 7 siswa anak berkebutuhan
khusus. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi,
sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dengan
statistik. Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi
belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang menggunakan bantuan
program SPSS 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi
pembelajaran matematika dalam kategori baik. Hal ini dapat di buktikan dengan
frekuensi jawaban responden dengan nilai rata-rata 32,6. (2) prestasi belajar
matematika siswa ABK dalam kategori baik. Hal ini dapat di buktikan dengan
frekuensi jawaban responden dengan nilai rata-rata 29,75. (3) strategi
pembelajaran matematika ada hubungan terhadap prestasi belajar matematika
siswa ABK. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi kendall diperoleh nilai
koefisien korelasi sebesar 0,039<0,05, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan
demikian Ha yang diajukan diterima, sedangkan Ho ditolak. Maka dapat
disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara strategi pembelajaran matematika
dengan prestasi belajar matematika siswa ABK di Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang. Berdasarkan tabel pedoman
untuk memberikan interpretasi koefisien korelasi, nilai yang diperoleh sebesar
0,703 terletak antara 0,51-0,75 dapat dinyatakan bahwa antara variabel strategi
pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika siswa ABK adalah
korelasi yang tergolong kuat, sehingga semakin baik strategi pembelajaran
matematika maka prestasi belajar matematika akan semakin meningkat.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamugkas Sari, M.Pd. dan Irham Nugroho, M.Pd.I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:06
Last Modified: 18 Feb 2025 02:31
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1637

Actions (login required)

View Item View Item