Annisa, Jihan Aulia Rizka Yunita (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Salamkanci 2 Bandongan Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (786kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC
(Cooperative Integrated Reading And Composition) berbantuan media flashcard
terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi kelas V Sekolah Dasar Negeri
Salamkanci 2 Bandongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen pre-Experimental
Design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Sampel dipilih dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa Kelas V SD Negeri Salamkanci 2 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini
menggunakan 1 kelas dan terdiri dari 22 siswa kelas V. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan tes. Data penelitian yang dikumpulkan
melalui tes kemudian dianalisis menggunakan uji non parametrik dengan Uji
Wilcoxon. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan berbantuan SPSS for
Windows versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran CIRC (Cooperative
Integrated Reading And Composition) berbantuan media flashcard berpengaruh
positif terhadap peningkatan keterampilan menulis. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Hasil
analisis uji hipotesis signifikan menunjukkan Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata
pretest 52,5 dan hasil rata-rata postest 80. Hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated
Reading And Composition) berbantuan media flashcard berpengaruh positif
terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | CIRC, Flashcard, Keterampilan Menulis Narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 07:04 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:36 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |