Saputri, Miftah Kurnia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA MISTERY BOX TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada siswa kelas IV SDN Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0153_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0153_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0153_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0153_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0153_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Contexstual Teaching and Learning dengan media mistery box terhadap hasil
belajar IPA siswa kelas IV SDN Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten
Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu (Quasi Eksperimental),
dengan model Pretest Posttest Control Group Desain. Subjek penelitian ini
dipilih secara sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 36 siswa terdiri dari
18 siswa kelompok eksperimen dan 18 siswa kelompok kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis pilihan ganda. Uji
validitas instrumen tes soal menggunakan rumus product moment sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program IBM
SPSS versi 20.00. Uji kesukaran soal dan Uji Daya pembeda dengan bantuan
program Microsoft Excel 2010. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas
dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu
uji Independent Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS versi 20.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contexstual
Teaching and Learning dengan media mistery box berpengaruh positif terhadap
hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari analisis Uji Independent Sampel T-Test
pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,043<0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil
belajar IPA antara kelompok eksperimen sebesar 80,16 dan kelompok kontrol
75,28. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dengan media mistery box
berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801)
Uncontrolled Keywords: model contextual teaching and learning, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:46
Last Modified: 18 Jan 2020 02:46
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item