Destiana, Putri Fajar Pradnya (2025) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 1_18.0305.0054_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (375kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 2_18.0305.0054_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 3_18.0305.0054_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 4_18.0305.0054_COVER_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 5_18.0305.0054_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Direct
Instruction berbantuan media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa
kelas V pada mata pelajaran IPAS.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experiment dengan
metode penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini
ditentukan dengan sampling jenuh, adapun sampel penelitian ini yaitu semua
siswa kelas V SD Negeri Wonosuko yang berjumlah 26 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan berpikir kreatif.
Uji vliditas dilakukan dengan validitas ahli (expert judgement) dan validitas tes
(test validity). Uji reliabilitas yang dilakukan menggunakan rumus cronbach’s
alpha menggunakan bantuan IBM SPSS versi 20. Sementara itu, peneliti juga
memakai uji tingkat kesukaran soal serta uji daya pembeda. Uji prasyarat yang
dipakai yaitu uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk. Analisis uji hipotesis
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik parametrik Uji Paired Sample t
Test.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa model Direct
Instruction berbantuan media diorama berpengaruh positif terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa kelas V. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan adanya hasil
analisis uji Paired Sample t-Test yang menunjukkan nilai probabilitas 0,000 yang
artinya kurang dari 0,05. Berdasarkan analisis dari pembahasan terdapat
perbedaan rata-rata nilai pretest yaitu 60,53 serta rata-rata nilai posttest yaitu
85,92 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan
posttest. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
model Direct Instruction berbantuan media diorama berpengaruh signifikan
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di
SD Negeri Wonosuko.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Ari Suryawan, M.Pd. dan Dr. Galih Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Diorama, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Users 9784 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:29
Last Modified: 06 Mar 2025 01:29
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item View Item