PENYEBAB KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI REJOWINANGUN SELATAN 1

Utari, Mutia Dwi (2024) PENYEBAB KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI REJOWINANGUN SELATAN 1. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0050_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Mutia Dwi Utari.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0050_COVER_BAB IV - Mutia Dwi Utari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0050_COVER_LAMPIRAN - Mutia Dwi Utari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0050_FULLTEXT - Mutia Dwi Utari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0305.0050_COVER_BUKTI UNGGAH REPOSITORY - Mutia Dwi Utari.pdf - Published Version

Download (125kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun Selatan 1. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu siswa kelas V, guru kelas V, dan orang tua. Sedangkan sumber data sekunder yaitu berupa data-data yang memberikan informasi tentang penyebab kesulitan belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun Selatan 1. Keabsahan data dapat dilihat melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Faktor fisiologi membuat siswa kesulitan dalam berkonsentrasi pada saat pembelajaran IPA saat kondisi sakit, kurang sehat, serta keterbatsan dalam pengelihatan serta pendengaran. 2) Faktor sekolah, guru juga masih menggunakan metode yang kurang bervareasi dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil observasi maupun wawancara yang telah dilakukan pada siswa kelas V sebagai objek penelitian. 3) Faktor keluarga peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar IPA di rumah juga belum terlaksana dengan baik yang dipengaruhi oleh perekonomian keluarga, suasana rumah yang kurang kondusif.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Septiyani Purwandari,M.Pd dan Puji Rahmawati,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar IPA, Siswa Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:52
Last Modified: 23 Dec 2024 08:52
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item