Astuti, Lintang Kusuma (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTU MEDIA PAPINERGI (PAPAN PINTAR PERUBAHAN ENERGI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sidoagung 1 Tempuran). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
20.0305.0037_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_REVISI.pdf - Published Version Download (769kB) |
|
PDF (Skripsi)
20.0305.0037_COVER__BAB IV - Lintangg Kusumaa.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
20.0305.0037_COVER_LAMPIRAN - Lintangg Kusumaa.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
20.0305.0037_ FULLTEXT_REVISI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
20.0305.0037_COVER_UNGGAH REPOSITORY_REVISI.pdf - Published Version Download (136kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbantu media Papinergi (Papan Pintar Perubahan Energi) terhadap hasil belajar siswa pada materi Perubahan Energi kelas IV SDN Sidoagung 1 Tempuran. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Desigm dengan tipe One Group Pretest-Posttest. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidoagung 1 Tempuran yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes awal (pretest) untuk mengukur pemahaman awal siswa, serta tes akhir (posttest) untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman setelah penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbantu media Papinergi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sample t-test dengan berbantuan program SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning berbantu media Papinergi (papan pintar perubahan energi) yangberpengaruh terhadap hasil belajar materi perubahan energi. Hal ini dibuktikan bahwa hasil analisis uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai yang Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan pada nilai rata-rata pretest dan posttest. Sebelum diterapkannya treatment mendapatkan nilai rata-rata sebesar 46,7. Sedangkan sesudah diterapkannya treatment adanya peningkatan hasil belajar IPA pada materi perubahan energi yaitu mendapatkan nilai rata-rata sebesar 73,1
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Agrissto Bintang Aji P,M.Pd dan Ari Suryawan,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning, Media Papinergi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 04:27 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 04:27 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4393 |
Actions (login required)
View Item |