PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Isnani, Lestiarini (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
2003050091_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] PDF (Skripsi)
2003050091_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
2003050091_COVER_LAMPIRAN - Lestiarini Isnani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
2003050091_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
2003050091_COVER_UNGGAH REPOSITORY ATAU NON REPOSITORY - Lestiarini Isnani.pdf - Published Version

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team assisted individualization terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pancasila di sekolah dasar pada kelas IV SD Muhammadiyah 1 Muntilan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian quasi experimental design dengan desain “the nonequivalent control design”. Sampel pada penelitian ini berjumlah 64 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest terkait mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Pada pengujian validitas instrument dilakukan oleh ahli dan untuk uji statistic menggunakan IBM SPSS 23. Uji reliabilitas juga dilakukan menggunakan aplikasi tersebut. Metode analisis data melalui uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji non parametric yaitu Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata pretest sebesar 53 dan nilai rata – rata posttest sebesar 64, nilai rata – rata tersebut memiliki selisih sebesar 11. Hal ini dibuktikan melalui nilai asymp.sig sebesar 0,003 dengan nilai sig < 0,05. Dari data tersebut menunjukkan adanya perbedaan data hasil pretest dan posttest dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization. Ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran team assisted individualization terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr.Rasidi,M.Pd dan Dr.Dhuta Sukmarani,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Pembelajaran Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:17
Last Modified: 23 Dec 2024 04:17
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item