PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawang1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang )

Febriyanto, Fandy (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawang1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0016_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Fandy Febriyanto.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0016_COVER_BAB IV - Fandy Febriyanto.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0016_COVER_LAMPIRAN - Fandy Febriyanto.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0016_FULLTEXT - Fandy Febriyanto.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0016_COVER_REPOSITORY - Fandy Febriyanto.pdf - Published Version

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara Bahasa Jawa siswa kelas IV SD Negeri Ketawang 1 Kecamatan Grabag. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Posttest Desigen dengan jumlah sampel penelitian 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik penilaian unjuk kerja pada kegiatan Pretest dan Posttest. Teknik analisis data data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis data Shapiro Wilk dengan menggunakan program SPSS 25.0 for windows dan uji hipotesis menggunakan wilcoxon test dengan berbantuan IMB SPSS statistic 25.0. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Model Pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara Bahasa Jawa siswa kelas IV SD Negeri Ketawang 1 dengan hasil nilai sig 0,000 ≤ 0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil soal Pretest dan Posttest menggunakan Model Pembelajaran role playing. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran role playing berpengaruh terhadap keterampilan berbicara Bahasa Jawa siswa kelas IV SD Negeri Ketawang 1 Kecamatan Grabag

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Galih Istiningsih,M.Pd dan Sukma Wijayanto,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:15
Last Modified: 23 Dec 2024 04:15
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item View Item