Mukholid, Mukholid (2023) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (Studi Kasus di MIM Al-Islam Prampelan, Adipuro, Kaliangkrik, Magelang). Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
18.0405.0008_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (490kB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0405.0008_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0405.0008_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0405.0008_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0405.0008_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (396kB) |
Abstract
Siswa SD/MI pada umumnya berada pada umur 6-12 tahun. Pola pikir anak usia ini yaitu bersifat holistik yang melihat sesuatu sebagai kebutuhan serta mampu memahami hubungan konsep secara sederhana. Berdasarkan pola pikir tersebut maka kemendikbud pada tahun 2013 mengembangkan kurikulum 2013 sebagai penyempurna kurikulum KTSP. Adanya perubahan kurikulum mengandung pro dan kontra dari berbagai pihak. Demikian pula dalam implementasinya guru dituntut memaksimalkan kemampuannya karena kurikulum ini bersifat tematik-integrtif yang menggabungkan beberapa muatan menjadi satu tema. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penghambat serta upaya yang dilakukan guru dalam pembejaran tematik di MIM Al Islam Prampelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk menetapkan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi yaitu Guru kesulitan dalam penyusunan RPP serta penerapannya. Kurangnya pemahaman guru terhadap penerapan pembelajaran tematik terutama untuk mengkaitkan tema antar muatan, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif karena dari beberapa materi pembelajaran belum bisa tersampaikan semuanya, guru masih mendominasi pembelajaran serta belum memiliki tema yang aktual, dan dalam pelaksanaannya belum mempertimbangkan karakteristik peserta didik. Guru kesulitan dalam penilaian autentik yang memuat aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Serta dalam penilaian akhir semester proses penilaian dianggap rumit. Upaya guru untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu guru mencari tambahan materi atau informasi baik dari buku LKS, buku KTSP, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, mengupayakan peserta didik aktif dan memberikan pengalaman nyata dalam pembelajaran, sharing dengan teman, belajar dari internet, dan tergabung dalam KKG. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa faktor penghambat guru yaitu pemahaman guru tentang pembelajaran tematik, penyusunan RPP, dan penilaian. Sedangkan upaya yang dilakukan guru yaitu berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya dengan belajar dari internet, mengikuti pelatihan, tutor sebaya, dan KKG.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Irham Nugroho, M.Pd.I dan Minzani Aufa, S.Pd.I., M.Pd |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:12 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:12 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4331 |
Actions (login required)
View Item |