ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2

Cahyani, Regita (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
17.0405.0005_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0405.0005_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0405.0005_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0405.0005_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0405.0005_COVER_NON REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (370kB)

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 mendorong pemerintah Indonesia mengeluarkan surat edaran tentang kegiatan pembelajaran daring. Idealnya pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi elektronik dimana guru dan siswa dapat berkomunikasi dengan relatif mudah. MI Muhammadiyah Surodadi 2 telah melaksanakan pembelajaran daring menggunakan WhatsApp. Namun demikian, penggunaan WhatsApp yang diharapkan dapat memudahkan terlaksananya pembelajaran daring ternyata masih menemui beberapa kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring dan mengetahui upaya guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran daring kelas IV MI Muhammadiyah Surodadi 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitataif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan satu guru wali kelas dan 19 siswa sebagai responden. Temuan penelitian adalah sebagai berikut; pelaksanaan pembelajaran daring kelas IV MI Muhammadiyah Surodadi 2 meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dibuktikan dengan guru membuat RPP, menyiapkan media pembelajaran dan bahan ajar. Proses pembelajaran dilaksanakan menggunakan WhatsApp muali dari penyampaian materi, pemberian penugasan, pengiriman penugasan, sampai dengan pemberian timbal balik kepada siswa. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan guru menggunakan tes pengetahuan, presentasi unjuk kerja, dan pengamatan sikap. Upaya guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran daring yaitu menempati ruangan yang lebih dekat dengan pusat WiFi, menggunakan video pembelajaran sebagai media yang mendukung penjelasan materi, serta menyesuaikan penugasan dengan kondisi dan fasilitas yang dimiliki siswa. Selain itu guru memberikan pengertian tentang pentingnya kerjasama orang tua dalam mengawasi siswa belajar dari rumah.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Irham Nugroho, S.Pd.I, M.Pd.I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:11
Last Modified: 06 Jun 2024 07:11
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item