PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA AL-I’TISHOM GRABAG MAGELANG

Ridhollatif, Muhammad (2023) PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA AL-I’TISHOM GRABAG MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0051_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - ridho 94.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0051_COVER_BAB IV - ridho 94.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0051_COVER_LAPIRAN - ridho 94.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0051_FULLTEXT - ridho 94.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF (Skripsi)
20.0401.0051_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI - ridho 94.pdf - Published Version

Download (192kB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia, di hadapan manusia, terutama di hadapan Allah SWT. Banyak keutamaan maupun manfaat yang dapat diperoleh dari sang penghafal, baik itu keutamaan yang diperolehnya di dunia maupun di akhirat kelak. Menarik untuk diteliti pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa, karena semakin siswa memiliki hafalan yang banyak, maka siswa tersebut memiliki daya ingat yang baik juga. Mempelajari materi pelajaran di sekolah, dibutuhkan konsentrasi, daya analisa, dan daya ingat yang tinggi. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hafalan Al-Qur’an siswa SMA Al-I’tishom Grabag Magelang tahun ajaran 2022/2023 2) Mengetahui prestasi belajar siswa SMA Al-I’tishom Grabag Magelang tahun ajaran 2022/2023 3) Mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa SMA Al-I’tishom Grabag magelang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian di lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kuntitatif dan menggunakan dua sumber data (primer dan sekunder). Pada penelitian metode yang digunakan untuk mengumpulkan dengan metode observasi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara menghafal Al-Qur’an dan prestasi belajar siswa SMA Al-I’tishom Grabag Magelang semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana yang diperoleh nilai sig kelas X sebesar 0,000, nilai sig kelas XI sebesar 0,008, dan nilai sig kelas XII sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi nilai lebih besar dari nilai signifikansi level sebesar 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr.M.Tohirin, M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:08
Last Modified: 06 Jun 2024 07:08
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4327

Actions (login required)

View Item View Item