STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TARIKH DI SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Haryanti, Tutik (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TARIKH DI SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0089_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] PDF (Skripsi)
10.0401.0089_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0089_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0089_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0089_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (191kB)

Abstract

Strategi yang digunakan dalam meningkatkan minat belajar tarikh di SMK Muhammadiyah Mungkid sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa di sekolah. Namun strategi yang digunakan belum sepenuhnya mampu meningkatkan minat belajar siswa. Maka Penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Mungkid Kabupaten Magelang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan, faktor pendukung dan faktor penghambatnya dalam meningkatkan minat belajar tarikh di SMK Muhammadiyah Mungkid Kabupten Magelang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan dalam meningkatkan minat belajar tarikh yaitu dengan strategi yang menggunakan metode ceramah, Problem based learning dan pembelajaran kelompok/kooperatif. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar tarikh meliputi: pembelajaran yang menarik, kisah atau cerita, media pembelajaran. (3) Faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar tarikh meliputi: kelas terlalu banyak (over), kelas sehabis olahraga, pembelajaran jam terakhir.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Subur, M.S.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:07
Last Modified: 06 Jun 2024 07:07
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item