PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS X DI SMK DR SUTOMO KABUPATEN TEMANGGUNG

Anggoro, Andhi Ari (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS X DI SMK DR SUTOMO KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
1904010088_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Andhi Ari Anggoro.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] PDF (Skripsi)
1904010088_COVER_BAB IV - Andhi Ari Anggoro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] PDF (Skripsi)
1904010088_COVER_LAMPIRAN - Andhi Ari Anggoro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] PDF (Skripsi)
1904010088_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
1904010088_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI - Andhi Ari Anggoro.pdf - Published Version

Download (147kB)

Abstract

Kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia saat ini sudah mengalami perubahan, dari kurikulum 13 yang menerapkan pembelajaran intrakulikuler sekarang menerapkan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka yang memiliki sistem pembelajaran intrakulikuler dan berbasis proyek. Kurikulum Merdeka ini juga bertujuan untuk menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0 dimana dalam perwujudannya harus menunjang keterampilan dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah, kreatif dan inovatif, serta terampil dalam berkomunikasi dan berkolaborasi bagi peserta didik. Dalam hal ini sistem pembelajaran pembelajaran PAI juga mengalami penyesuaian. Maka pembelajaran PAI di kurikulum merdeka jadi berbeda daripada di kurikulum 13. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMK Dr Sutomo Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMK Dr Sutomo Temanggung yang berjumlah 1.121. Adapun sampel penelitian ini kelas X jurusan teknik mesin dengan jumlah 139 siswa yang ditentukan dengan cara simple random sampling 63% menjadi 87 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengungkapkan variabel implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar PAI siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis data kuantitatif dan statistik, dan rumus Product Moment untuk mengetahui pengaruh impelementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar PAI siswa, menggunakan bantuan program computer SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan respon siswa terhadap implementasi Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar PAI siswa, kategori variabel implementasi Kurikulum Merdeka dari 87 responden, 51,8 % dalam interval kriteria sangat baik dengan frekuensi 45, dalam interval kreteria baik yaitu 48,2 % dengan frekuensi 42, dalam interval kriteria kurang dan sangat kurang yaitu 0 % dengan frekuensi 0. Hasil pembelajaran PAI siswa dari 87 responden, 1,1% dalam interval kriteria sangat kurang dengan frekuensi 1, dalam interval kreteria kurang yaitu 0% dengan frekuensi 0, dalam interval kriteria baik yaitu 0% dengan frekuensi 0, dan dalam interval sangat baik yaitu 98,9% dengan frekuensi 86. Hasil uji analisis pada tabel 4.7 menunjukan bahwa r hitung (r_xy) lebih tinggi dari pada r tabel dalam taraf signifikan 5% yaitu 0,435 dengan r tabel sebesar 0,213.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Imam Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:06
Last Modified: 06 Jun 2024 07:06
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item View Item