STUDI PERBANDINGAN PELAKSANAAN METODE IQRO’ DAN YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN

Anshori, Achmad Isnandya (2023) STUDI PERBANDINGAN PELAKSANAAN METODE IQRO’ DAN YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0084_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0084_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0084_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0084_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0084_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (210kB)

Abstract

Al-Qur’an diturunkan kepada manusia sebagai pedoman hidup, yang mampu membawa manusia mencapai kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. Mengingat hal itu, maka kita diwajibkan untuk belajar Al-Qur’an, terutama dalam membacanya. Salah satu dari pendukung keberhasilan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an adalah menggunakan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis perbandingan pelaksanaan metode Iqro’ dan metode Yanbu’a. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui data collection, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan metode Iqro’ di TPQ Al-Huda Bonjitan menggunakan model pembelajaran individual/privat, (2) pelaksanaan metode pembelajaran Yanbu’a di Ponpes Daruth Thulabah Dogaten menggunakan model pembelajaran klasikal individual dan individual/privat, dan (3) perbandingan pelaksanaan metode Iqro’ di TPQ Al-Huda dan metode Yanbu’a di Ponpes Daruth Thulabah dilihat dengan kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya serta peningkatan santri dalam membaca Al-Qur’an. Pada penelitian ini, pelaksanaan metode Yanbu’a lebih unggul daripada pelaksanaan metode Iqro’. Keunggulan pelaksanaan metode Yanbu’a di Ponpes Daruth Thulabah meliputi strategi pembelajaran yang lebih variatif, durasi pembelajaran yang lebih panjang, serta skor peningkatan santri dalam membaca Al-Qur’an yang lebih tinggi. Peningkatan santri Ponpes Daruth Thulabah dalam membaca Al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a mencapai skor 85% sedangkan di TPQ Al-Huda menggunakan metode Iqro’ mencapai skor 80%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan Subur, M.S.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:06
Last Modified: 06 Jun 2024 07:06
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item