Handono, Sigit Suryo (2023) PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS V SDIT ALAM AL-HIKMAH KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0077_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA - Sigit Suryo Handono.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0077_COVER_BAB IV - Sigit Suryo Handono.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0077_COVER_LAMPIRAN - Sigit Suryo Handono.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0077_FULLTEXT - Sigit Suryo Handono.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0077_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Sigit Suryo Handono.pdf - Published Version Download (179kB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan hal penting bagi seorang guru. Salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar adalah pembelajaran dan adanya minat siswa untuk belajar. Di SDIT Alam Al-Hikmah pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan pembelajaran yang bervariasi karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas V SDIT Alam Al-Hikmah kabupaten magelang. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas V SDIT Alam Al-Hikmah Kabupaten Magelang. (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pendekatan yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah pendekatan penelititan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru PAI, Siswa kelas V di SDIT Alam Al-Hikmah. Teknik analisis data dengan model Miles and Hiberman langkah-langkah penelitian diantaranya; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa tergolong baik. Pembelajaran guru PAI di SDIT Alam Al-Hikmah bervariasi agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga minat belajar siswa tumbuh hal ini juga ditunjang oleh guru PAI yang profesional dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan kedisiplinan guru dalam mengajar, Metode pembelajaran yang dipakai bervariasi seperti: Metode bercerita, Diskusi kelompok, Menonton video, Ceramah dan Tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:05 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:05 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4317 |
Actions (login required)
View Item |