IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG

Agustin, Nayla Anggra (2023) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0066_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0066_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0066_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0066_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0066_COVER_UNGGAH RESPOSITORY.pdf - Published Version

Download (52kB)

Abstract

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang (SMP Mutual) mengacu pada Profil Pelajar Pancasila sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020. Kegiatan P5 dilaksanakan dan mengacu pada SMP Mutual dengan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) atau Project Based Learning, dalam pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang masih banyak mengalami kendala terkait penguasaan modul dan raport Projek yang kurang optimal termasuk juga dalam rumpun PAI, kurangnya pelatihan guru pelaksana Projek , serta masih belum adanya waktu yang optimal dalam pelaksanaan P5. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi P5 pada mata Pelajaran pendidikan agama Islam serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi P5 pada mata Pelajar pendidikan agama Islam. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini Implementasi P5 telah terlaksana dengan baik. Projek dengan tema aku pergi haji bertujuan memahami perjalanan spiritual dalam salah satu rukun Islam, yaitu haji. P5 ini berkolaborasi dengan 3 mata pelajaran yaitu, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia dan Informatika. Adapun faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana sekolah yang memadai dan siswa dapat mempraktikan materi secara langsung. Adapun faktor penghambatnya yaitu lokasi kegiatan yang jauh sehingga membutuhkan waktu panjang, siswa kurang fokus pada kegiatan Projek dan barang bawaan yang dibawa cukup merepotkan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:04
Last Modified: 06 Jun 2024 07:04
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4314

Actions (login required)

View Item View Item