PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 2 ALTERNATIF KOTA MAGELANG

Rosita, Elsa (2023) PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 2 ALTERNATIF KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0065_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Elsa Rosita.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0065_COVER_BAB IV - Elsa Rosita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0065_COVER_LAMPIRAN - Elsa Rosita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0065_FULLTEXT - Elsa Rosita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0065_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Elsa Rosita.pdf - Published Version

Download (143kB)

Abstract

Dalam menghadapi era globalisasi, guru dituntut untuk mengetahui dan ahli dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi serta harus mampu melakukan inovasi dan kreativitas tinggi dalam menggunakan teknologi. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang sudah mahir dalam penggunakan ICT, namun dalam proses pembelajaran guru masih kurang dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran masih monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru PAI menggunakan media pembelajaran berbasis TIK, mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis TIK, dan menganalisis kualitasis pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Mutual 2 Kota Magelang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran TIK yaitu langkah awal sebelum guru memulai pembelajaran; langkah persiapan yaitu guru mempersiapkan media pembelajaran, langkah inti pembelajaran yaitu guru siap menyajikan materi dan langkah yang terakhir adalah penutup. (2) Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran PAI, yang dilakukan oleh guru PAI yakni sebagai media pembelajaran mandiri, alat bantu pembelajaran dan sumber belajar. (3) Kualitas Pembelajaran PAI dengan diterapkannya media pembelajaran berbasis TIK sebagai alat bantu memudahkan guru dalam menyampaikan pesan dan maksud dari materi yang diajarkan secara efektif dan efisien, peserta didik memahami pelajaran, membuka wawasan keilmuan, serta memberikan peluang peserta didik untuk belajar lebih lama di luar sekolah, sehingga diharapkan prestasi belajar peserta didik menjadi lebih meningkat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Subur, M.S.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:04
Last Modified: 06 Jun 2024 07:04
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item