Muna, Muhammad Choirul (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MUHAMMADIYAH BUMIREJO 1 KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0062_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (957kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0062_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0062_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0062_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0062_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (195kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pondasi awal yang dibutuhkan dalam membangun dan membentuk karakter bangsa. Rentannya Pendidikan karakter saat ini sangat meresahkan orang tua dan juga Pendidikan secara Nasional. Karakter yang berkualitas dibentuk dan dibina sejak usia dini, karena usia dini merupakan masa yang tepat dalam pembentukan karakter dalam diri seseorang. Pendidikan di MI Muhammadiyah Bumirejo 1 telah menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan yang diadakan disekolah. Kegiatan keagamaan di MI Muhammadiyah Bumirejo 1 dilaksanakan sebagai upaya pelaksanaan program sekolah yakni membentuk karakter peserta didik yang islami, sebagi insan yang berdaya saing juga sebagai siswa yang berbudi luhur. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan di MIM Bumirejo 1 (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan di MIM Bumirejo 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Madrasah, Guru MIM Bumirejo 1 dan peserta didik. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi terkait kondisi fisik maupun non fisik serta penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan peserta didik. Dokumentasi dilakukan untuk memperoleh informasi dokumen yang terkait dengan penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan kegiatan keagamaan disekolah dilaksanakan dengan menggunakan pembiasaan yang dilakukan terus menerus dan terstruktur. (2) faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan keagamaan ini adalah kurangnya displin anak dan kurangnya kesadaran orang tua dalam pendampingan anak. (3) nilai karakter yang ditanamkan disekolah meliputi religius, displin, tanggung jawab, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, ikhlas, percaya diri, peduli sosial, santun. Solusi yang diberikan dari pihak Madrasah terkait penghambat yang dialami oleh pendidik di Madrasah, yaitu dengan mengajak orang tua berperan aktif dalam kegiatan pembiasaan beribadah dan mendukung kegiatan pembiasaan beragama.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:03 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:03 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4309 |
Actions (login required)
View Item |