Safitriani, Hana (2023) IMPLEMENTASI METODE ONE DAY ONE AYAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH NGLUWAR. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0050_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Hana Safitriani.pdf - Published Version Download (463kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0050_COVER_BAB IV - Hana Safitriani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0050_COVER_LAMPIRAN - Hana Safitriani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0050_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0050_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Hana Safitriani.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Rendahnya minat hafalan siswa dan kurangnya dukungan orang tua dalam pelaksanaan hafalan, menjadikan seorang guru dituntut untuk bisa mengajarkan hafalan kepada siswanya dengan mudah dengan suatu metode yang tepat yang mana siswa akan lebih mudah menerima hafalan dengan metode yang tepat. Pembelajaran hafalan anak harus dimulai sejak dini karena untuk menjaga kesucian Al-Qur'an, selain dilakukan dengan membaca dan memahaminya, tetapi juga berusaha untuk menghafalnya. Dengan menggunakan metode yang tepat dalam pelaksanaan hafalan akan mempengaruhi peningkatan hafalan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode one day one ayat dalam meningkatkan kemampuan hafalan di SD Muhammadiyah Ngluwar pada siswa kelas 1 dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode one day one ayat dalam meningkatkan kemampuan menghafal di SD Muhammadiyah Ngluwar pada siswa kelas 1. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitan di SD Muhammadiyah Ngluwar, waktu penelitian adalah bulan Januari 2023. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik Triangulasi data kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Implementasi metode one day one ayat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al Qur'an Siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Ngluwar yaitu Pelaksanaan metode one day one ayat di SD Muhammadiyah Ngluwar efektif meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Karena sebelum menggunakan metode one day one ayat hanya beberapa siswa saja yang bisa menghafal akan tetapi setelah menggunakan metode one day one ayat kemampuan menghafal siswa menjadi meningkat. Dengan menghafal satu hari satu ayat akan mempermudah siswa dalam menghafal karena siswa tidak merasa terbebani. Setelah siswa selesai menghafal siswa akan diuji kemampuan hafalannya saat penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester yang mana nanti nilai akan dicatumkan di dalam raport siswa. Faktor yang mendukung pelaksanaan metode one day one ayat antara lain: dukungan Kepala Sekolah, kemampuan guru dalam menggunakan metode one day one ayat, faktor usia siswa yang masih kecil sehingga sangat tepat menanamkan pendidikan Al-Qur’an, Minat dan motivasi siswa untuk menghafal Al-Qur’an yang tinggi, semangat yang dimiliki anak dalam menghafal, perhatian guru untuk mendorong siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Faktor yang menghambat pelaksanaan metode one day one ayat antara lain: siswa belum bisa membagi waktu, kemampuan anak berbeda-beda dalam menghafal
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, S.Ag, M.Ag. dan Akhmad Baihaqi M.Pd.I., |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:01 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:01 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4301 |
Actions (login required)
View Item |